Perjalanan Ke Korea Selatan (Part 3)

Setelah seminggu jalan-jalan dan berwisata waktunya kembali ketujuan utama. Ada satu universitas dan dua rumah sakit yang kami kunjungi. Banyak pelajaran dan ilmu yang kami dapatkan di sini khususnya dalam lingkup kesehatan ibu dan bayi.

Foto bersama staf Kangbuk Samsung Hospital

Kangbuk Samsung Hospital, adalah sebuah Rumah Sakit yang berada Jongno-gu Seoul, salah satu rumah sakit terbaik di Korea Selatan. Rumah sakit ini merupakan pusat kanker terbesar se-Asia Tenggara.

Untuk praktek lingkup kebidanan, di Korea Selatan bergabung dengan devisi keperawatan, artinya tidak ada pemisahan tugas antara perawat dan bidan seperti di Indonesia. Para perawat yang memiliki lisensi tersendiri dapat membantu proses persalinan yang normal, tetapi jika ada suatu permasalahan maka harus ditangani oleh dokter.

Pelayanan persalinan yang dilakukan rumah sakit ini adalah dengan berfokus pada ‘Natural Birthing’ dengan menggunakan pendekatan psikologi dan terapi air. Terapi ini untuk menyalurkan kasih sayang pada bayi setelah lahir melalui ‘The Hidden Messege in Water’. Metode ini diadopsi dari seorang peneliti Jepang yaitu ‘Masaru Emoto’ yang meneliti tentang bentuk air. Air akan merespon dengan membentuk kristal indah jika diberikan kata-kata yang menyenangkan dan akan merespon dengan bentuk kristal yang tidak beraturan jika hal-hal yang tidak baik diucapkan dekat air. Harapannya saat persalinan doa-doa dari keluarga terucapkan sehingga prosesnya berjalan lancar dan saat bayi telah lahir bayinya menjadi orang yang baik sesuai harapan keluarga.

Kami disambut dengan hangat di sini. Rumah Sakit dengan pelayanan dan sarana prasarana terbaik. Terima kasih Kangbuk Samsung Hospital.

Kangbuk Samsung Hospital

Selanjutnya, kami menuju Yonsei University, berlokasi di Yonsei-ro, Seodaemun-gu, Seoul, Korea Selatan. Yonsei University adalah salah satu universitas ternama yang ada di Korea Selatan. Universitas ini masuk ke dalam anggota “SKY”. SKY merupakan sebutan untuk tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan.

Universitas ini mempunyai konsep ‘Smart Campus’ yang bertujuan untuk memberi pengalaman bagi para pelajar melalui konten-konten baru yang unik dan lewat kecanggihan teknologi.

Dalam pengembangan dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan di Korea Selatan, universitas Yonsei memberikan fasilitas yang sangat baik untuk para mahasiswanya. Diantaranya penyediaan sarana penunjang skill lab yang canggih, mahasiswa secara mandiri melakukan ujian praktek klinik dan pembimbing cukup mengawasi dari ruangan yang terhubung dengan ruang mahasiswa ujian praktek klinik. Phantom atau cadaver yang disediakan menyerupai bentuk manusia yang dapat dioperasikan melalui computer.

Ruang tunggu yang nyaman, cafe dan taman menjadi daya tarik sendiri di kampus ini. Kalau suasananya seperti ini, para pelajar mungkin betah berlama-lama di sini.

Lanjut, kami menuju Severance Hospital, rumah sakit ini merupakan bagian dari Yonsei University. Letaknya juga berdampingan. Pengetahuan luar biasa yang kami peroleh dari sini yaitu mengenai Robotic Surgery, yang telah digunakan sejak tahun 2005 fungsinya adalah melakukan metode operasi sehingga dapat mengurangi trauma pasca operasi.

Severance Hospital juga menyediakan layanan International Health Care, sehingga mereka menerima pasien dari negara manapun untuk ditangani oleh dokter-dokter terbaik yang bertugas di sini, untuk menemui dokter di sana kita harus melakukan janji (booking) 1-2 minggu sebelumnya.

Untuk sistem pendaftaran pasien lama (telah mendapatkan ID Card/kartu rekam medis) di Severance Hospital dapat diakses dengan menggunakan mesin pendaftaran yang terdapat di lobi poliklinik Rumah Sakit, sedangkan untuk pasien baru (belum memiliki ID/Nomor Rekam medis) dapat melakukan pendaftaran pada petugas pendaftaran yang tersedia di lobi poliklinik. Selain itu mesin pendaftaran ini juga berfungsi sebagai tempat pembayaran (obat dan jasa) pasien yang telah mendapatkan pelayanan di rumah sakit ini.

Semua pihak yang menyambut kami di Yonsei dan Severance Hospital, dari para Pengajar dan Perawat Rumah Sakit semuanya ramah-ramah. Semoga dilain kesempatan bisa berkunjung lagi ke sini. Kamsahamnida.

Bonus foto dari Ratu, Permaisuri dan dayang-dayang 😆

Sekian perjalananku kali ini, Terima kasih telah menyempatkan waktu bersamaku berkunjung online ke Korea Selatan.

Salam hangat dariku, @dianpur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s