Rentang Kisah

Buku ini berisi tentang penjalanan Gita selama kuliah di Jerman. Kisahnya dalam memahami hidup, mengenal Islam lebih jauh, hubungan beda agama, pandangannya tentang dunia, dan harapannya untuk Indonesia.

Gita, seorang gadis remaja hidup sendiri berjuang di negeri orang. Orang-orang mungkin menanggap kuliah di luar negeri itu enak, padahal kenyataannya tidak seperti yang terlihat di postingan Instagram mereka.

Seperti kebanyakkan remaja lainnya aku juga pernah berada di fase mencari jati diri. Seperti yang Gita katakan banyak orang bilang ambillah jurusan yang sesuai dengan passion-mu. Masalahnya aku nggak tahu passion aku apa (hal.24). Sebuah masa yang mau tidak mau, suka tidak suka harus dihadapi, tapi setelah dijalani, rintangannya masih ada hanya saja jalannya yang berbeda.

Banyak motivasi yang diberikan Gita lewat bukunya. Aku yakin buah yang manis nggak akan bisa didapat tanpa usaha yang maksimal (hal. 68). Saat kita ingin mencapai sesuatu, kadang rintangannya sangat berat tapi setelah sampai “ternyata aku juga bisa”.

Banyak yang bilang, dunia adalah tempat manusia berlomba-lomba. Perlombaan apa yang sedang kita ikuti? (Hal. 128). Aku sempat mikir, apa tujuan kita hidup? Bukankah kita sedang menunggu hari itu tiba? Bagaimana hubungan kita dengan sang Pencipta? Apa yang sedang kita cari? Coba saja renungkan masing-masing.

Beberapa tulisan-tulisan Gita di blog juga dimuat di buku ini, pemikiran dan harapannya untuk Indonesia pun tertulis, kita itu nggak sadar kalau kebodohan kita adalah bumerang yang terbalik. Generasi muda yang tahu cara main media sosial dan bahkan bisa ngepoin orang kayak agen CIA, tapi nggak tahu caranya meng-inform diri mereka sendiri, itu fatal banget (hal. 188). Seharusnya kita bisa lebih memperluas wawasan kita sebagai generasi yang akan memimpin 10 atau 20 tahun ke depan. Belajar, belajar, dan jangan berhenti untuk belajar.

Dan kalimat favoritku di buku ini, The key to live a happy life is to always be grateful and don’t forget the magic word: ikhlas, ikhlas, ikhlas (hal. 161). Mensyukuri setiap nikmat yang Allah telah berikan, menjadikan kita pribadi yang lebih baik ke depannya. Semoga..

Sekian dari saya.


Judul: Rentang Kisah
Penulis: Gita Savitri Devi
Penerbit: GagasMedia
Tahun: 2017
ISBN: 978-979-780-903-4
Jumlah Halaman: 207 halaman
Rating: 4,7/5

9 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s